Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Tips hidroponik paling sederhana menggunakan barang bekas yang tak terpakai di sekitar kita, yap cara menanam hidroponik sederhana kali ini menggunakan botol bekas minuman yang sudah tidak terpakai lagi.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Adapun bahan bahan yang perlu di siapkan untuk memulai cara menanam hidroponik sederhana adalah
  • botol bekas
  • paku/solder
  • cuter/pisau
  • sumbu/kain flanel
  • media tanam(sekam atau cocopeat)
  • air nutrisi
  • bibit tanaman
Setelah semua bahan bahan di atas sudah di siapkan semua, silahkan ikuti langkah langkah seperti pada gambar di bawah ini


  1. Siapkan botol yang sudah di bersihkan,lubangi dengan paku atau bisa dengan solder yang sudah di panaskan di bagian atas botol sekitar 6 lubang kecil untuk ventilasi,setelah itu potong di bagian tengah tengah botol,potong yang rapih agar terlihat bagus.
  2. setelah di potong menjadi dua bagian,bagian atas botol yang sudah di kasih lubang di balik(lihat gambar no 2 atas) buang tutup botol dan gantikan dengan kain flanel atau kain bekas kemudaian atasnya di kasih media tanam(bisa menggunakan sekam atau cocopeat) jangan terlalu penuh,selanjutnya untuk potongan botol bagian bawah di kasih air nutrisi yang sudah di siapkan
  3. Pada tahap akhir ini kita tanam bibit tanaman yang sudah di siapkan ke dalam media tanam yang sudah di siapkan,pastikan akar tanaman tertutup media tanam secara sempurna dan usahan jangan terlalu padat saat memasukan media tanam.
Sampai tahap ini cara menanam hidroponik sederhana dengan memanfaatkan botol bekas sudah selesai,nah bagaimana apakah kalian sudah siap mencobanya di rumah.
Semoga artikel cara menanam hidroponik sederhana ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menanam Hidroponik Sederhana"

Post a Comment